Mata Lalat Inspirasi Kamera Pendeteksi Gerak


JAKARTA - Mata seekor lalat diketahui mampu melihat gerakan objek dengan jelas di antara benda-benda lain yang berada di sekitarnya.

Coba tangkap lalat dan letakkan matanya di bawah mikroskop. Struktur matanya menjadi inspirasi para ilmuwan untuk mengembangkan kamera video pendeteksi gerakan, sistem detektor target untuk peralatan militer, maupun radar.

Hal tersebut dapat dilakukan dikarenakan serangga dapat menyatukan gambaran suatu objek, yang mendapatkan tingkat pencahayaan berbeda-beda.

Tak seperti kamera konvensional umumnya yang hanya bersandar pada satu tingkat pencahayaan. Misalnya, melihat gerakan seseorang di antara rerimbunan pohon.

Dengan memfokuskan pandangan di sekitar gerakan, mata lalat dapat melihat perpindahan objek secara utuh. Demikian dirangkum Okezone dari 'Kisah 1001 Fakta Science Tersuper di Dunia', Minggu (6/3/2016).

(kem)

Share on Google Plus

About The Messenger

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar