Capung Ini Pecahkan Rekor Terbang Terjauh Sejagat

CALIFORNIA - Sebuah studi terbaru, seekor serangga bernama latin Pantala Flavescens diketahui menjadi serangga yang mampu terbang lebih lama. Dia mengalahkan hewan migrasi besar lainnya seperti burung dan paus.

Capung ini diperkirakan telah bepergian sejauh 4.400. Serangga sebelumnya hanya mampu bermigrasi dalam jarak 2.500 mil.

Peneliti tidak menggunakan alat seperti GPS untuk melihat periode dan jarak yang ditempuh. Mereka melihat kemungkinan bahwa gen dari hewan ini yang bermigrasi jauh dari keberadaannya di Texas, timur Kanada, Jepang, Korea, India dan Amerika Selatan.

"Ini adalah pertama kalinya seseorang melihat gen untuk melihat seberapa jauh serangga telah melakukan perjalanan," ungkap penulis senior Jessica Ware, asisten profesor biologi di Rutgers, dilansir dari Washington Post.

"Jika Pantala Amerika Utara hanya dibesarkan dengan Pantala Amerika Utara, Pantala dan Jepang hanya dibesarkan dengan Pantala Jepang, kita akan melihat hasil genetik yang berbeda satu sama lain. Karena kita tidak melihatnya, ini menunjukkan pencampuran gen di hamparan geografis yang luas," tambahnya.

Dengan kata lain, serangga ini mirip dari benua ke benua. Mereka harusnya telah melakukan banyak kencan jarak jauh dengan jika diasumsikan mereka benar-benar penerbang seperti yang diperlihatkan gen mereka.

(kem)
Share on Google Plus

About The Messenger

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar